3 Perbedaan programmer dan software engineer

Perbedaan software enginneeer dan programmer
Deposit photos : Ilustraion Programmer


IosinotesPerbedaan software engineer dan programmertugas software engineer tugas programmerprofesi programmerprofesi software engineer - pengertian programmer - pengertian software engineer - keterampilan programmer - keterampilan software engineer. Mungkin selama ini kita lebih sering mendengar profesi programmer ketimbang software engineer . Padahal Software engineer lebih hebat loh dari programmer . Gak percaya ?

Anda membuka artikel ini berarti anda ingin tahu apa sih perbedaan dari programmer dan software engineer itu ? Lalu profesi masing-masing dari programmer dan software engineer?

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba mengulas mengenai perbedaan software engineer dan programmer . Sebenarnya sudah banyak artikel di situs lain yang juga membahas topik ini , dan saya akan mencoba menyimpulkannya untuk anda .

1. Programmer


Seperti dikutip dari Situs Tufiq Rahman . Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan khusus untuk menulis dan merancang program menggunakan bahasa pemrograman . Paham maksutnya ?

Kalau belum paham akan saya sejaskan lebih rinci , Programmer adalah seseorang yang melakukan penulisan dan pengubahan script atau kode sumber dari sumber sehingga dapat membentuk suatu program yang mempunyai suatu fungsi tertentu . Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan , analisis , pembetulan kesalahan , pengoptimasian algoritma , dan normalisasi kode .

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer :

1.Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut .

2.Melanjutkan pengelolaan , menyesuaikan , mengembangkan , dan merombak untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan perawatan di masa mendatang

3.Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah .

2. Software Engineer


Software Engineer lebih dari seorang programmer . Software Engineer selain menulis coding program, mereka juga menganalisa , merekayasa, spesifikasi , dan mengimplementasikan perangkat lunak . Software engineer memahami proses menghasilkan sebuah sebuah perangkat lunak yang berkualitas . Bagaiamana cara agar perangkat lunak yang dihasilkan bisa diterima di pasaran. Software Engineer juga harus memiliki jiwa kepemimpinan , dan mampu mengelola kelompok kerja agar tetap harmonis .

Lalu apa keterampilan yang dimiliki Software Engineer ?

Keterampilan yang dimiliki Software Engineer

1. Menguasai hal-hal yang dikuasi programmer, system analyst dan SQA Engineer .

2. Menguasi SDLC (System Development Life Cycle) / siklus hidup pengembangan sistem yang meliputi requiment, design, implementation / construction , testing , dan maintenance .

3. Menguasai metologi software development seperti RUP , Agile, XP , Scrum, dll .



Anda sudah tahu kan perbedaan programmer dan software engineer dari penjelasan saya diatas ? Bila anda sudah tahu perbedaan programmer dan software engineer, berarti target saya sudah berhasil pada artikel kali . Dan bagi anda yang belum tahu , atau masih kurang pemantapan , dibawah ini akan ulas perbedaan programmer dan software engineer .

Perbedaan Programmer dan Software Engineer :


Software engineer adalah orang yang melakukan proses engineering sedangkan programmer adalah orang yang melakukan proses programming . Lah terus ? Apa bedanya ? Perbedaanya terletak pada :

1 . Kreatifitas

Perbedaan programmer dan software engineer
Ilustrasi : kreatifitas

Mungkin bila anda sudah membaca artikel mengenai “Perbedaan antara software engineer dan programmer” di situs lain pasti salah satu menyebutkan bahwa programmer ibarat koki dan software engineer sebagai chef . Koki dan chef sama saja , sama-sama masak , namun yang membedakan antara koki dan chef adalah kekreatifitasannya . Andai seorang koki dan chef diberikan sebutir telur dan disuruh memasakan telur itu dan kemudian menghidangkannya ke orang lain , maka yang dilakukan seorang koki adalah memasak telur itu kemudian memberikannya ke orang lain, sedangkan yang dilakukan chef adalah bagaimana membuat telur istimewa saat dihidangkan ke orang lain , segala proses akan dilakukan dengan teliti dan sebaik mungkin sebelum dihidangkan ke orang lain. 

Sama halnya dengan programmer dan software engineer , programmer ibarat seorang koki dan software engineer seorang chef , programmer hanya menulis coding kemudian membuatnya menjadi sebuah perangkat lunak yang siap pakai . Sedangkan software engineer berfikir bagaimana perangkatl lunak istimewa dikalangan pengguna , mereka benar-bebar berfikir keras tentang fungsi , desain , dll . 
Kreatifitas adalah salah satu pembeda antara programmer dan software engineer . Lalu pembeda antara programmer dan software engineer selanjutnya apa ya ?

2. Letak tugas

Perbedaan programmer dan software engineer
Ilustrasi : letak tugas

Programmer melakukan tugasnya pada tahap construction . Setelah desaigner mendesain baru programmer yang mengimplementasikannya dengan menulis koding . Sedangkan software engineer lebih luas atau dapat dibilang semuanya . 

Seperti yang tulis diatas pada keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang software engineer . Software engineer harus menguasi SDLC (System Development Life Cycle) / siklus hidup pengembangan sistem yang meliputi requiment, design, implementation / construction , testing , dan maintenance . Software engineer mampu menulis koding , tapi mereka juga mampu membuat kerangka atau desainnya . 

Inilah pembeda antara programmer dan software engineer yang kedua , letak tugas . Lalu yang ketiga ?

3. Upah kerja

Perbedaan programmer dan software engineer
Ilustrasi : Upah kerja

Hehehe , kalau ini saya tambahkan setelah membaca di berbagai media mengenai upah dari seorang programmer dan software engineer . Di Indonesia programmer diupah sekitar 4 – 7 juta perbulan sedangkan software engineer 10 – 17 juta perbulan . 

Tapi sekarang di perusahaan di indonesia banyak melakukan suatu kecerdikan misalnya dengan menggaji programmer sama dengan UMR (Upah Minimum Regional) dan inilah yang membuat programmer tidak bekerja sepenuh hati . 

Di Amerika upah Tenaga IT lebih tinggi dibandingkan Pegawai Negeri , hal ini karena karena banyak perubahan dilakukan oleh para programmer , sebut saja Bill Gates , Larry , Mark Zuckerberg . Mereka para programmer / software engineer yang mampu membuat negara amerika menjadi nagara adikdaya seperti saat ini . Upah kerja adalah pembeda antara programmer dan software engineer , upah kerja juga pembeda antara programmer Indonesia dan luar negeri .




Mungkin tidak terasa telah diujung artikel , setelah menulis artikel “Perbedaan Software Engineer dan programmer ” sekitar 1000 kata , dan saya tahu anda orang yang pantang penyerah terbukti dengan membaca artikel kali ini sampai akhir . Marilah kita bersama-sama membangun negara Indonesia ini dengan keahlian kita masing-masing . Seperti kata Prabowo “Sebab kalau bukan kita siapa lagi , kalau bukan sekarang kapan lagi “. Untuk menutup artikel kali ini saya tutup dengan quote sang pendiri mesin pencari nomor 1 didunia .



Untuk refrensi yang saya gunakan untuk menulis artikel ini adalah :

http://badr.co.id/blog/sebuah-refleksi-untuk-kami-para-software-engineer
http://www.purwadhikapress.com/apa-bedanya-programer-dan-software-engineer.html
http://rahman371.wordpress.com/2014/11/07/pengertian-programmer
https://ba9uez.wordpress.com/profesi-ti-dalam-bidang-programmer-dan-kode-etik-programmer/

1 Response to "3 Perbedaan programmer dan software engineer"