"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony

"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony
Gambar 1.1 : Ilustrasi Windows

Iosinotes - “Developer itu jangan pakek windows” , adalah salah-satu kata yang saya dapatkan ketika mengikuti Worksop Android Academy Indonesia . Ahmad Fatoni lah orang yang mengatakannya . Saya kenal dia ketika saat akan menaiki lift menuju tempat worksop dilantai 7 . Awalnya saya kira ilmu kita masih sama , dan betapa terkejutnya ketika saya mengetahui bahwa dia adalah IOS Developer . Bangga rasanya bisa berteman dengan seorang IOS Developer . Selanjutnya kami berbincang-bincang lalu ke ruang workshop .

Singkat saja , ketika saya mencoba membuka Android Studio , banyak gangguan yang saya dapatkan seperti not responding dan error . Memang sih android studio agak berat untuk laptop yang kapasitas ram nya hanya 2gb . Tapi Mentornya ternyata laptopnya juga berkapasitas 2gb dan android sudio lumayan lancar di laptopnya . Setelah dilihat-lihat ternyata di menggunakan Elementary OS (Linux) sedangkan saya Windows 7 . Dengan spesifikasi laptop yang hampir sama , tapi perbedaan terdapat pada proses kerja android studionya . Karena kesal android studio selalu not responding di laptop saya , saya pun bilang ke sang mentor kalau saya ada masalah laptop . Mentor pun datang untuk melihat laptop saya , dan dia bilang kalau wajar di Windows sering error dan diapun menyarankan saya untuk berganti OS . Lalu Mas Toni , dengan nada yang cukup santai , dia mengatakan “Developer jangan pakek windows” . “Kenapa mas ? ” tanya saya . “Ya , liat aja , kebanyakan Developer menggunakan Mac ” Jawabnya , dia bilang begitu karena laptop dan handphone nya apple semua . Karena penasaran , akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu , kenapa developer tidak cocok menggunakan windows . Dan Alhamdulilllah dibawah ini hasil analisa saya ,

Ilustrasi mudahnya : Office 2013 adalah salah satu software yang bisa dibilang menggunakan memory yang cukup banyak . Jika anda menggunakan Windows , kebanyakan anda pasti menginstall Office 2013 . Berbeda dengan linux yang tidak munggunakan Office 2013 , hanya Libre Office dan itu memorinya jauh lebih kecil daripada office word . Di Windows masih banyak lagi software yang biasa diinstall dengan memori yang banyak seperti Corel Draw , Photoshop , dll . Itulah yang membuat memory semakin banyak digunakan dan kinerja RAM semakin berat.

Alasan windows tidak cocok untuk developer


1. Closed source sehingga menyebabkan komunitas sedikit

Ada saatnya ketika developer tidak menemukan jalan keluar sintak yang ditulisnya , disaat seperti inilah keberadaan komunitas sangat diperlukan , agar para developer saling membantu satu sama lain


2. Sistem yang kurang stabil

Developer butuh sistem yang stabil , akan sulit rasanya bila developer menggunakan sistem operasi windows yang sering mengalami crash , not responding , dll . Tentu semua ide yang akan ditulis hilang seketika karena emosi


3. Sistem keamanan yang masih dibilang kurang

Apa yang akan anda lakukan bila sedang mengerjakan project yang bernilai jutaan rupiah dan telah dikerjakan selama berbulan-bulan , lalu hilang begitu saja karena virus . Tentunya ini sangat menyebalkan


Lalu apa Sistem Operasi yang pantas untuk seorang developer ?
Perhatikan developer kelas dunia di berikut :

"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony
Gambar 1.2 : Developer
Sumber : Mac-reviews.net

"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony
Gambar 1.3 : Developer
Sumber : Appcoda.com

Anda juga lihat bukan , kebanyakan developer menggunakan Mac , itu bukan karena tanpa alasan , para developer menggunakan Mac karena

"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony
Gambar 1.4 : Ilustration Mac

1. Sistem handal

Mungkin kita jarang menemui ada Mac crash , kalaupun ada mungkin memang keterlaluan pemakaiannya

2. Shorcut yang melimpah

Developer memandang menggunakan mouse adalah buang-buang waktu , dengan shorcut misalnya untuk membuka computer menekan Ctrl+Shift+C , dengan begitu waktu developer akan lebih efektif

3. Tampilan yang ramah dan user interface

Tampilan adalah salah satu element yang tidak boleh diremehkan . Dengan tampilan yang ramah para developer akan betah berlama-lama dilaptop karena mata tidak mudah lelah .


Mac kan mahal ? Lalu bagaimana bagi anda yang masih sekolah dan ingin menjadi developer ?
Insyallah ada alternatifnya , Linux mungkin adalah jawabannya . Walaupun tak sehandal mac namun linux juga memiliki kelebihan diantara lain :

"Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony
Gambar 1.5 : Ilustration Linux


1. Sulit ditembus virus

Sama hal nya dengan Mac , linux juga tahan terhadap serangan virus dikarenakan mungkin karena setiap user yang berbeda .

2. Open source

Untuk mendapatkan sistem operasi linux tidak memerlukan biaya seperti Mac dan Windows . Linux juga open source dan kesempatan ini dapat digunakan oleh developer dan programmer untuk mengutak atik sistemnya .

3. Menghormati licensi

Hehehe , kalau ini saya ngarang aja . Developer tentu sangat menghormati licensi antar developer . Dengan menggunakan linux juga mencegah pembajakan software karena di linux tidak ada istilah crack . Berbeda di Windows , banyak sekali software yang di bajak / crack . Contoh mudahnya adalah IDM


Mungkin sampai disini dulu analisa saya , bagaimana menurut anda ? Bila terdapat kekeliruan anda dapat menyampaikannya di kolom komentar . Atau anda ingin menambahkan alasan diatas ? Misalnya menambahkan alasan windows tidak cocok untuk developer ? Atau alasan linux lebih cocok daripada windows untuk developer ? Sampaikan semuanya di kolom komentar

Sebagai catatan tambahan : Saya sekarang menggunakan Linux Mint dan Alhamdulillah Android Studio lumayan sekarang
Linux yang sering digunakan untuk developer adalah yang ringan , seperti Elementary OS
Sebenarnya terserah si Developer sih mau menggunakan OS apa , karena dia yang menggunakannya .



Adapun beberapa refrensi yang saya gunakan untuk memperkuat analisa saya :
http://www.plimbi.com/review/120851/kelebihan-dan-kekurangan-linuxhttps://octavianadwipuspa.wordpress.com/2012/09/14/kelebihan-dan-kekurangan-os/

0 Response to ""Developer jangan pakek Windows" Achmad Fatony"

Post a Comment