Keunikan Yogyakarta menurut saya

Keunikan Yogyakarta menurut saya
Tugu Yogyakarta


Iosinotes – Yogyakarta memang kota unik . Disaat banyak kota besar yang dipimpin oleh Walikota , mereka dipimpin oleh seolah Sultan Hamengkubuwono . Selain itu ada kata Istimewa yang melekat di nama Yogyakarta membuat kota ini semakin istimewa . 

3 Hari disana dalam program study tour , saya banyak menjumpai keunikan dari kota yogyakarta . Keunikannya adalah

Mahasiswa kritis


Iya , saat di Malioboro . Setelah kurang lebih 1 jam berbelanja . Saya kedapatan melihat mahasiswa berbondong demo menuju sebuah kantor di Jl Malioboro . Saya sih tanya , dan ternyata disana kantor DPRD . Karena penasaran , saya mendekat dan ingin mendengar apa yang mereka demo kan .

Setelah mendekat , disana ada Mushola dekat kantor , akhirnya kesana sekalian mau sholat ashar . Saat bertemu dengan seorang ibu-ibu penjaga loker disana , saya sempat bertanya . “Disini , sering ya mahasiswa demo ? ” . “Iya disini mahasiswanya kurang kerjaan mas” . Begitu jawabannya seorang ibu-ibu tadi . Lalu saya ngomong gini “Hebat yaa, mahasiswa disini sangat kritis terhadap pemerintahan ” . “Iya , mahasiswanya memang berani disini , Salah sedikit pasti ada yang protes ” . “Oh gitu ” . Selanjutnya saya langsung menuju sholat , karena sudah iqamah .

Iosi Pratama Putra | Yosi Pratama | Yosi Elliot | iosinotes.blogspot.com
Saya - Saat di depan gerbang utama UGM




Jalanan kecil tapi lancar


Jalanannya cukup kecil sih . Tapi sepanjang perjalanan bus kami tidak menemui kemacetan yang cukup parah . Ini entah kenapa , mungkin karena kehebatan para perancang kota dengan sangat cerdik mengatur jalan lalu lintas di yogyakarta .


Masih banyak dokar dan becak beroperasi


Kan , saya masih di Malioboro . Sungguh , disana masih banyak yang menggunakan dokar , becak , dan sepeda . Bisa dilihat dari platnomor kendaran jogja yang terbilang sedikit . Banyaknya bus dan mobil itu datang dari luar jogja . Pantes banyak tourist datang ke jogja untuk melihat bagaimana budaya Indonesia di kota istimewa satu ini .


Ugm adalah kampus kerakyatan


Kampus UGM , Saya sih belum pernah ingin belajar di kampus ini , karena target kuliah saya di NUS (National University of Singapore) . Tapi ini kampus sangat keren . Memang nggak kaget kalau ini kampus masuk 3 besar kampus terbaik di Indonesia . Selain itu kampus ini berjulukan kampus kerakyatan , entah kenapa , tapi memang disana mahasiswa bukan hanya dari yogya , dari papua juga banyak , bisa dilihat dari yang demo ke kantor DPRD . (kembali ke no 1)

Baca Juga : Something from Gamatechno



Banyak tourist yang berdatangan


Gimana enggak berdatangan . Orang kalo bertanya gimana wajah Indonesia sesungguhnya ya jawabannya di Jogja . Selain banyak budaya Indonesia . Pemakaian produk dalam negeri disana sangat tinggi . Coba bandingin dengan kota-kota besar lain , yang sudah ke barat-baratan cara hidupnya . Jogja mempertahankan budaya Indonesia bukan karena ketinggalan jaman , terbukti perancang transjakarta , transjogja juga dari Yogyakarta .


Di prambanan banyak orang thailand


Hehe, ini sih menurut saya . Ceritanya sih ingin belajar bahasa (belajar ngomong dengan tourist di Prambanan) , ehh , saat mendekat , mereka bahasanya bukan bahasa inggris , entah bahasa apa , tapi kayaknya sih Thailand kayak di film-film thailand gitu (Film Top Ittipat)

Baca Juga : Journey - Study Tour Yogyakarta 21-23 April 2016



Barang-barang murah


Bener , saya kaget , disana gantungan kunci cuma Rp 1000 . Kaos aja loh , kaos banyak yang seharga Rp 13.500 di Malioboro . Tentu ini berbeda jauh kalo kita ke Bali . Kalo ke Bali kaosnya minimal Rp 50.000 . Kalo di Jogja bener-bener murah .



Mungkin sampai disini saja keunikan dari kota jogjakarta , Mungkin pembaca ingin menambahkan ? Semoga menginspirasi .

0 Response to "Keunikan Yogyakarta menurut saya"

Post a Comment