5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !

5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !
Ilustrasi : 5 Kriteria Perangkat Lunak menghasilkan Software Istimewa

Dalam merekayasa perangkat lunak tentu tidak sembarangan . Agar produk yang kita ciptakan tidak di cap sebagai produk gagal , maka ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam merekayasa perangkat lunak / menciptakan perangkat lunak . Apa sajakah itu ?

Apakah pengertian RPL ? Ingin tau pengertian RPL ? Baca artikel "Apasih RPL itu ? Mengenal RPL Yuk "

Kriteria dalam Merekayasa Perangakat Lunak


1. Maintainability / Maintenance

5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa ! - iosinotes.blogspot.com
Perkembangna Windows

Artinya perangkat lunak tersebut harus dipelihara dan dirawat mengikuti perkembangan jaman. Sebagai contoh kita bisa melihat Windows , dari Windows 98 pada tahun 1998 ,Windows XP pada tahun 2001 , Windows Vista pada tahun 2005, hingga Windows 7 pada saat ini . Windows adalah sekian dari banyaknya perangkat lunak yang mampu terus di maintainability .

Ada sebuah note yang tentunya sobat juga pada tau “ lebih baik menjaga daripada mengobati ” , note tersebut juga bermakna “ merawat lebih sulit daripada membuatnya ” . Ini juga sudah menjadi rahasia umum bagaimana kesulitannya dalam merawat . Misalnya saja bagi sobat yang menjadi blogger . Blog adalah contoh perangkat lunak . Sobat harus mengupdate konten setiap hari demi blog tetap baik dimata pengunjung dan search engine . Microsoft juga demikian pada Windows , setiap hari bahkan setiap saat mengontrol mencari bug agar dapat diperbaiki . kriteria dalam merekayasa perangkat lunak selanjutnya adalah mampu mengikuti perkembangan jaman .

2. Depandability

Depandability artinya perangkat lunak harus mengikuti perkembangan jaman . Ini berkaitan erat dengan poin nomor 1 . Sebuah perangkat lunak harus dapat dirawat / maintenance dan mengikuti perkembangan jaman .

Contoh sederhana dari perangakat lunak yang mampu mengikuti perkembangan jaman adalah Blogspot . Dari awal Evan Williams membuatnya pada tahun 1999 lalu di diakusisi oleh Google pada 2003 , dan hingga saat ini telah banyak perubahan yang membuat blogger/blogspot berkembang mengikuti jaman dengan sangat baik .
5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !
Blogger - Depandability

Waktu saya membaca sebuah buku tentang cara menjadi CEO perusahaan yang handal , salah satu caranya adalah menjadi seperti bunglon . Kenapa bunglon ?. Bunglon mampu berkamuflase menyesuaikan daerah / tempatnya dengan sangat baik . Sama halnya dengan perangkat lunak , sebuah perangkat lunak harus mampu berkembang seiring berjalannya jaman . Kriteria dalam merekayasa perangkat lunak senjutnya adalah menciptakan perangakat lunak yang mampu melayani Kebutuhan / keinginan pengguna .

3. Service

Robust yang berarti mampu melayani kebutuhan masyarakat umum . Inilah inti daripada membuat perangkat lunak . Kita membuat perangkat lunak untuk siapa ? Apa tujuan kita membuat perangkat lunak ? Bila sobat belum mengetahui tujuan dalam membuat perangakat lunak alangkah lebih baik bila sobat membaca artikel “ Apa tujuan merekayasa perangkat lunak ?  ” , dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa salah satu tujuan dari pembuatan perangakt lunak adalah mempermudah perkerjaan manusia .

Microsoft Office Word adalah perangkat lunak yang selama ini sering digunakan untuk membuat laporan , makalah , dan proposal . Sedangkan photoshop adalah sebuah perangkat lunak dari Perusahaan Adobe yang mendominasi pasar dalam hal editing foto karena fiturnya yang sangat banyak .

Kedua perangkat lunak tersebut hanya sebagian dari perangkat lunak yang mampu melayani kebutuhan masyarakat luas . Mengingat tingginya persaingan , maka setiap perusahaan berusaha sekuat tenaga untuk menciptakan sebuah perangkat lunak sebaik mungkin dan dapat diterima oleh kalangan masyarakat . Lalu kriteria selanjutnya apa ? Kriteria selanjutnya adalah Effeciency .

4. Effeciency

Ya iyalah harus efisien . Efisien mampu membuat membuat hidup menjadi lebih hemat sob. Dalam merekayasa perangkat lunak , akan lebih baik bila tidak memakai sumber daya (Memory , listrik , Waktu ) yang sangat banyak . Kecuali jika sudah dipikirkan/didiskusikan bahwa perangkat lunak yang akan diciptakan ini akan menjadi perangkat lunak yang luar biasa , tentu tidak masalah karena hasilnya seimbang . selanjutnya apa ?

5 . Robust


Robust artinya perangkat lunak harus kokoh , mampu bersaing dengan baik . Sobat tentu telah mengetahui bagaimana Facebook dan Twitter sangat bersaing ketat dalam memperoleh hati pengguna .
5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa ! - iosinotes.blogspot.com
Ilustrasi persaingan Facebook dan Twitter


Dalam merekayasa perangkat lunak tentu kita harus membuah sekokoh mungkin dan menampakkan ciri khas dari perangkat lunak tersebut . Sobat semua tahu IDM ? . Ya taulah Internet Download Manager . IDM adalah contoh perangakat lunak yang kokoh , posisinya sebagai tool donwload manager di kalangan pengguna tak tergantikan , dan pesaingnyapun sangat sulit untuk menggeser dominasi IDM .

Kelima kriteria tersebut akan menjadikan sebuah perangkat lunak yang sangat istimewa bagi pengguna . Maintainability , Depandability , Serivce, Effeciencya , dan Robust adalah 5 kriteria dalam merekayasa perangkat lunak yang baik .

Bagaimana menurut pendapat sobat mengenai kelima kriteria diatas ? Mungkin masih masih kurang , dan sobat dapat menambahkannya melalui komentar

1 Response to "5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !"