Ruang Lingkup , Apakah sobat tau makna ruang lingkup ? Ruang lingkup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah luasnya subjek yang tercakup . Lalu , Apa ruang lingkup dalam Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ?
8 Ruang lingkup RPL |
Sebelum sobat memulai belajar membuat software (perangkat lunak) , ada baiknya bila sobat membaca artikel "5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa" sebagai penambahan ilmu pengetahuan dan wawasan sobat .
PES 2015 |
Pro Evolution Socces (PES) 2015 . Siapa yang belum mengenal PES ? Seperti dikutip dari JalanTikus , PES 2015 merupakan game virtual sepak bola yang sangat digemari oleh para gamer baik di konsol maupun di PC yang dirilis pada tahun 2015 .
Untuk memainkan game ini sobat perlu VGA setidaknya nVidia GeForce 7800 / ATI Radeon X1300 . PES 2015 akan memanjakan penggunanya dengan menampilkan grafis yang menakjubkan . Selain itu PES 2015 adalah seri PES terbaru dengan pemain, jersey , stadion, selebrasi pemain , dll paling update .
PES 2015 adalah contoh perangkat lunak yang paling mudah bila kita tarik analogi sederhana dari ruang lingkup perangkat lunak . Pada judul diatas ditulis “8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui ” , 8 itu apa aja ? tenang , mari kita ulas satu persatu
Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak
1. Kebutuhan Perangkat lunak
System Requirements PES 2015 |
Kebutuhan perangkat lunak atau istilah dalam bahasa inggrisnya software requirements. Software requierements berhubungan dengan spesifikasi dan persayaratan yang dibutuhkan yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat lunak . Pada PES 2015 salah satu sistem requirements yang harus dipenuhi untuk menjalankannya adalah VGA nVidia Ge Force / ATI Radeon X1300 .
2. Desain Perangkat lunak
Grafik PES 2015 |
Desain perangkat lunak berhubungan dengan dengan antar muka / grafis . PES 2015 adalah salah satu perangkat lunak dengan grafis 3D yang sangat baik sehingga pengguna seperti bermain sepakbola sungguhan .
3. Kontruksi Perangkat Lunak
Kontruksi perangkat lunak berhubungan dengan pembangunan dan perkembangan perangkat lunak selanjutnya . Konami terus berusaha memperbaiki dan memperbarui Game PES menjadi lebih baik lagi . Setelah meluncurkan PES 2013 yang menurut saya sudah sangat sip dan wau , Konami selanjutnya meluncurkan PES 2015 sebagai penyempurna dari seri PES sebelumnya .
4. Pengujian Perangkat Lunak
Percobaan Perangkat Lunak dilakukan sebelum perangkat lunak tersebut resmi diluncurkan . Percobaan perangkat lunak mencakupi pengujian pada keseluruhan perangkat lunak . Bila semua perintah berjalan dengan baik baru kemudian perangkat lunak tersebut dapat resmi diluncurkan ke pengguna .
5. Perawatan Perangkat Lunak
Perawatan atau lebih kita kenal maintenance adalah upaca perawatan ketika perangkat lunak telah di operasikan . Sebagaimana PES menyediakan update transfer pemain, update jerser kits, dll . Upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi bug atau kesalahan pada perangkat lunak .
Maintenance adalah salah satu kriteria merekayasa perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa . Temukan kriteria lainnya pada artikel “5 kriteria merekayasa perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa ! ”
6. Peralatan Rekayasa Perangkat Lunak
Setting Joystick pada PES 2015 |
Peralatan rekayasa perangkat lunak atau Software Engineering tools mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL . Pada Game PES sebagai alat bantu memainkannya kita dapat menggunakan keyword maupun konsol / stick ps .
7. Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Berhubungan dengan definisi , implementasi , pengukuran , pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL . Proses rekayasa perangkat lunak adalah proses pembuatan perangkat lunak . Contoh proses pembuatan PES 2015 , pada proses pembuatan PES 2015 telah disiapkan pengukuran, pengelolaan , dan perbaikan selanjutanya .
Selain untuk mendapatkan uang , apa tujuan dari merekayasa perangkat lunak ? temukan jawabannya setelah membaca artikel “ Apa tujuan merekayasa perangkat lunak ?”
8. Kualitas Rekayasa Perangkat Lunak
Inilah yang ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang terakhir . Setelah melewati proses rekayasa/pembuatan perangkat lunak , tentu kita akan melihat kualitas dari perangkat lunak yang dihasilkan . Ini juga yang menentukan perangkat lunak tersebut dikatakan produk berhasil atau produk gagal .
Kedelapan ruang lingkup tersebut perlu diperhatikan dalam merekayasa perangkat lunak . Oleh karena itu diperlukan sebuah tim yang solid dan kompak agar menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas seperti game PES .
Sampaikan unek-unek sobat mengenai 8 ruang lingkup rekayasa perangkat lunak diatas di kolom komentar .
isi konten nya bagus.
ReplyDeleteMy blog