8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui !


Ruang Lingkup , Apakah sobat tau makna ruang lingkup ? Ruang lingkup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah luasnya subjek yang tercakup . Lalu , Apa ruang lingkup dalam Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ?
8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui ! - iosinotes.blogspot.com
8 Ruang lingkup RPL

Sebelum sobat memulai belajar membuat software (perangkat lunak) , ada baiknya bila sobat membaca artikel "5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa" sebagai penambahan ilmu pengetahuan dan wawasan sobat .

8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui !
PES 2015


Pro Evolution Socces (PES) 2015 . Siapa yang belum mengenal PES ? Seperti dikutip dari JalanTikus , PES 2015 merupakan game virtual sepak bola yang sangat digemari oleh para gamer baik di konsol maupun di PC yang dirilis pada tahun 2015 .

Untuk memainkan game ini sobat perlu VGA setidaknya nVidia GeForce 7800 / ATI Radeon X1300 . PES 2015 akan memanjakan penggunanya dengan menampilkan grafis yang menakjubkan . Selain itu PES 2015 adalah seri PES terbaru dengan pemain, jersey , stadion, selebrasi pemain , dll paling update .

PES 2015 adalah contoh perangkat lunak yang paling mudah bila kita tarik analogi sederhana dari ruang lingkup perangkat lunak . Pada judul diatas ditulis “8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui ” , 8 itu apa aja ? tenang , mari kita ulas satu persatu

Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak


1. Kebutuhan Perangkat lunak


System Requirements PES 2015

Kebutuhan perangkat lunak atau istilah dalam bahasa inggrisnya software requirements. Software requierements berhubungan dengan spesifikasi dan persayaratan yang dibutuhkan yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat lunak . Pada PES 2015 salah satu sistem requirements yang harus dipenuhi untuk menjalankannya adalah VGA nVidia Ge Force / ATI Radeon X1300 .

2. Desain Perangkat lunak

8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui !
Grafik PES 2015

Desain perangkat lunak berhubungan dengan dengan antar muka / grafis . PES 2015 adalah salah satu perangkat lunak dengan grafis 3D yang sangat baik sehingga pengguna seperti bermain sepakbola sungguhan .

3. Kontruksi Perangkat Lunak


Kontruksi perangkat lunak berhubungan dengan pembangunan dan perkembangan perangkat lunak selanjutnya . Konami terus berusaha memperbaiki dan memperbarui Game PES menjadi lebih baik lagi . Setelah meluncurkan PES 2013 yang menurut saya sudah sangat sip dan wau , Konami selanjutnya meluncurkan PES 2015 sebagai penyempurna dari seri PES sebelumnya .

4. Pengujian Perangkat Lunak


Percobaan Perangkat Lunak dilakukan sebelum perangkat lunak tersebut resmi diluncurkan . Percobaan perangkat lunak mencakupi pengujian pada keseluruhan perangkat lunak . Bila semua perintah berjalan dengan baik baru kemudian perangkat lunak tersebut dapat resmi diluncurkan ke pengguna .

5. Perawatan Perangkat Lunak


Perawatan atau lebih kita kenal maintenance adalah upaca perawatan ketika perangkat lunak telah di operasikan . Sebagaimana PES menyediakan update transfer pemain, update jerser kits, dll . Upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi bug atau kesalahan pada perangkat lunak .

Maintenance adalah salah satu kriteria merekayasa perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa . Temukan kriteria lainnya pada artikel “5 kriteria merekayasa perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !

6. Peralatan Rekayasa Perangkat Lunak

8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui !
Setting Joystick pada PES 2015

Peralatan rekayasa perangkat lunak atau Software Engineering tools mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL . Pada Game PES sebagai alat bantu memainkannya kita dapat menggunakan keyword maupun konsol / stick ps .

7. Proses Rekayasa Perangkat Lunak

Berhubungan dengan definisi , implementasi , pengukuran , pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL . Proses rekayasa perangkat lunak adalah proses pembuatan perangkat lunak . Contoh proses pembuatan PES 2015 , pada proses pembuatan PES 2015 telah disiapkan pengukuran, pengelolaan , dan perbaikan selanjutanya .

Selain untuk mendapatkan uang , apa tujuan dari merekayasa perangkat lunak ? temukan jawabannya setelah membaca artikel “ Apa tujuan merekayasa perangkat lunak ?”

8. Kualitas Rekayasa Perangkat Lunak


Inilah yang ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang terakhir . Setelah melewati proses rekayasa/pembuatan perangkat lunak , tentu kita akan melihat kualitas dari perangkat lunak yang dihasilkan . Ini juga yang menentukan perangkat lunak tersebut dikatakan produk berhasil atau produk gagal .

Kedelapan ruang lingkup tersebut perlu diperhatikan dalam merekayasa perangkat lunak . Oleh karena itu diperlukan sebuah tim yang solid dan kompak agar menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas seperti game PES .

Sampaikan unek-unek sobat mengenai 8 ruang lingkup rekayasa perangkat lunak diatas di kolom komentar .

1 Response to "8 Ruang lingkup rekayasa perangkat lunak yang perlu sobat ketahui !"