Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL !


Rekayasa Perangkat Lunak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan , pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas . Untuk mempejari ilmu RPL tentu ada ilmu lain yang berkaitan erat satu sama lain . Apa sajakah ilmu lain yang sangat berkaitan dengan jurusan RPL ?

Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL versi Iosinotes :


1. Matematika


Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL !
Ilmu Matematika

Matematika sangat jelas berkaitan dengan Rekayasa Perangkat Lunak . Kenapa ? Karena RPL adalah 40% Matematika . Matematika dalam RPL meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit. Misalnya sobat mempejari Web Desain / Pemrograman Web , tentu sobat harus paham betul berapa pixel ukuran font , line-height, margin, padding , dll . Contoh lain adalah saat sobat mempejari bahasa pemrograman C++ , sobat pasti bertemu dengan Larik dan Matrik . Jujur saya aja belum paham mengenai matrik pada C++ , bila sobat ingin menguasai C++ tentu logika dan matematika sobat harus jalan .

Bila sobat RPL hingga saat ini kesulitan dengan matematika saya sarankan memulainya dengan menyukai terlebih dahulu karena kebanyakan teman-teman sulit pelajaran matematika karena tidak suka pelajaran tersebut . Saran saya yang kedua adalah dengan membiasakan menghitung manual walaupun bisa dengan kalkulator karena dengan menghitung kita mengajak otak untuk berfikir . mungkin saran ketiga dan seterusnya bisa sobat cari di internet dengan kata kunci “tips pintar matematika” hehehe ..

Ilmu berikutnya yang berkaitan dengan jurusan rpl adalah ilmu manajemen . Kok bisa ?

2. Ilmu Manajemen

Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL !
Ilmu Manajemen

Ya bisa lah , anda membuat perangkat lunak untuk apa ? tidak dibagikan secara gratis kan ? ilmu manajemen penting bagi sobat yang ingin mengomersilkan produk perangkat lunak sobat . Bidang ilmu manajemen meliputi akutansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis .

Bill Gates adalah seorang tokoh programmer yang juga pandai dalam ilmu manajemen . Mungkin karena kebiasaannya yang sering membaca .

Selanjutnya ada ilmu manajemen proyek

3. Ilmu Manajemen Proyek

Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL !
Ilmu manajemen proyek

Yang pasti , bidang ilmu manajemen proyek mencakup semua hal yang berkaitan dengan proyek , seperti anggaran, ruang lingkup proyek, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan kehandalan, perbaikan kualitas, dan metode kuantitatif .

Seorang CEO Perusahaan ataupun Software Developer harus menguasai ilmu manajemen proyek bila masih ingin perusahaannya terus berkembang .

Sekedar tips , Ini tips yang menyesatkan :D

Bagi sobat yang bekerja ingin menjadi programmer kalo bisa cari pasangan yang jurusan Manajemen , untuk manfaatnya bisa dirasakan setelah sobat punya pasangan nanti . hehehe ...

Kembali ke topik pembahasan ,

Mungkin sobat ingin menambahkan selain ilmu Matematika , Ilmu manajemen, dan ilmu manajemen proyek ? tambahkan dikolom komentar agar kita dapat saling berbagi pengetahuan dan wawasan kita semakin luas .

0 Response to "Inilah 3 ilmu lain yang sangat berkaitan dengan RPL !"

Post a Comment