Bagaimana Sejarah Perkembangan Pascal hingga saat ini ?

Iosinotes - Sejarah bahasa pemrograman pascal hingga saat ini - Sejarah Pascal - Perkembangan bahasa pascal hingga sekarang -  Lahirnya pascal - Terciptanya bahasa pascal . Pada artikel kali ini akan saya ulas mengenai Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Pascal hingga saat ini . Simak ulasannya dibawah ini ,

Kapan terciptanya bahasa pemrograman Pascal ?

Pascal adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1968–1969 dan dipublikasikan tahun 1970. Niklaus Wirth atau lengkapnya Niklaus Emil Wirth adalah seorang dosen, ilmuwan dan peneliti komputer berkebangsaan Swiss. Sebelum membuat Pascal, ia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti Euler dan Algol W.
Sejarah Perkembangan Pascal
Gambar 1.1 : Nicklaus Wirth - 1969

Kenapa diberi nama Pascal ?

Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang ilmuwan matematis Prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini menjadi cikal bakal komputer modern.
Sejarah Perkembangan Pascal
Gambar 1.2 : Blaise Pascal

Sejak dipublikasikan oleh pada 1970, bahasa pemrograman Pascal mulai digunakan oleh berbagai universitas di Eropa dan Amerika. Walaupun demikian, compiler pascal (sejenis program untuk menjalankan perintah-perintah bahasa pascal) masih terbatas untuk kalangan tertentu. Karena saat itu harga komputer masih sangat mahal dan umumnya hanya terdapat di perusahaan atau universitas besar.

Pascal merupakan bahasa pemrograman data-oriented. Programmer bisa membuat tipe data sendiri (selain tipe data standar yang disediakan seperti integer, real, char, dan boolean). Walaupun demikian, pascal sangat ketat aturan. Setiap variabel hanya bisa menggunakan tipe data tertentu dan harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Tidak seperti bahasa pemograman lain pada saat itu, bahasa Pascal mirip dengan bahasa inggris sehari-hari, sehingga mudah bagi programmer pemula untuk mulai membuat kode program.

Bahasa Pascal bersaing dengan bahasa pemrograman lain pada era tersebut, seperti Algol, Basic, Fortran dan C.

Kapan Masa Keemasan Pascal ?

Era tahun 1980an merupakan era keemasan Pascal. Kepopuleran Turbo Pascal membuat bahasa ini menjadi standar bagi industri dan kalangan akademik.

Apple yang saat itu baru saja meluncurkan Macintosh menggunakan Pascal sebagai bahasa standar. Dan jika kita ingin membuat program untuk Mac, harus menggunakan bahasa pascal.
Sejarah Perkembangan Pascal
Gambar 1.3 : Apple Lisa - 1980 -  menggunakan bahasa pascak

Bagaimana Pascal saat ini ?

Harus diakui bahwa saat ini Pascal tidak terlalu populer digunakan untuk membuat aplikasi komersial. Bahkan beberapa sumber juga menyebut pascal sebagai ‘dead programming language’ karena penggunaannya yang relatif jarang.

Namun pascal masih menjadi bahasa pemrograman pengantar yang banyak digunakan di sekolah/universitas terutama untuk mengajarkan pemrograman bagi mahasiswa pemula. Pascal lebih disukai dibandingkan C atau C++ karena menggunakan ‘kata-kata’ seperti begin, end, read, dan write dibandingkan dengan symbolic languages seperti C atau C++ yang menggunakan simbol “{” dan “}“.

Proyek Open Source seperti Free Pascal (www.freepascal.org) menyediakan compiler Pascal yang mendukung berbagai sistem operasi modern, termasuk Linux, Windows 7 dan Windows 8.

Proyek Lazarus (www.lazarus-ide.org) mungkin bisa membawa bahasa Pascal kembali populer untuk mengembangkan aplikasi. Lazarus sangat mirip dengan Delphi maupun Visual Basci dan dapat digunakan dengan gratis. Jika anda telah menguasai Pascal, tidak ada salahnya mencoba Lazarus.
Sejarah Perkembangan Pascal
Gambar 1.4 : Pascal saat ini - Jarang digunakan

Baca Juga :
7 Fakta tentang bahasa pemrograman Pascal

Mungkin cukup sampai ini mengenai artikel "Bagaimana Sejarah Perkembangan Pascal hingga saat ini ? " Semoga artikel tersebut menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sobat .

Dikutip dari :
Andre Pratama.2015.Tutorial Belajar Pascal Part 2: Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal.  http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-pascal-sejarah-bahasa-pemrograman-pascal/

0 Response to "Bagaimana Sejarah Perkembangan Pascal hingga saat ini ?"

Post a Comment