Apa saja hardware utama dalam merakit komputer ?

Komponen utama dalam merakit komputer | iosinotes.blogspot.com
Iluastrasi : Hardware utama dalam merakit komputer


IosinotesMengetahui hardware utamaperangkat keras untuk merakit komputer cara merakit komputer . Merakit komputer sendiri memang sangat mengasyikkan karena akan menghasilkan komputer sesuai selera kita . Tapi diera modern seperti sekarang banyak orang yang akan menganggap merakit komputer adalah hal yang ribet dan membingungkan . Penyebab utamanya adalah mereka yang menganggap merakit komputer ribet karena mereka tidak mengetahui hardware komputer nya . Merekapun bingung saat ingin membeli karena takut salah dan merugi . 

Oke bagi anda yang ingin merakit komputer dengan mudah , saya akan menuntun anda dari proses mengenal hardware utama komputer , proses pembelian hardware , proses merakit komputer , menginstall sistem operasi ,dan tips trik pertama kali menggunakan komputer .

Pada artikel ini saya mulai dari mengenal hardware utama dalam merakit komputer dan komputer yang bagaiamana yang cocok bagi anda ?

Penasaran kan ? Simak semua ulasannya dibawah ini .

Meskipun anda dapat pergi ke toko elektronik dan membeli sebuah laptop atau komputer jadi , anda mungkin akan merasakan hal yang luar biasa dengan komputer rakitan . Merakit PC dari awal membuat anda memiliki komputer yang sangat pas dengan kebutuhan anda , apakah anda seorang gamer professional, developer software , editor yang mengagumkan , atau anda hanya menggunakan komputer untuk tugas sekolah / kuliah . Merakit komputer sendiri sebenarnya akan jauh menghemat budget anda . 

Hal pertama yang perlu anda pikirkan adalah bagaiamana jenis kinerja komputer yang anda inginkan dari komputer anda . Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengelompokkannya menjadi 3 kategori umum . 



Macam-macam komputer dan perkiraan harganya

Performa rendah

Jika anda membutuhkan PC anda hanya untuk browsing , membuka situs , cek email , atau menonton film , komputer dengan performa rendah mungkin menjadi pilihan yang tepat . Komputer ini tidak membutuhkan komputer dengan Processor atau RAM yang cukup besar . Anda dapat merakit komputer ini dengan kisaran harga $200 sampai $400 atau dalam rupiah sekitar 3 juta sampai 5 juta . 

Performa sedang


Ini merupakan pilihan sebagian besar pengguna , karena dengan performa sedang anda dapat menjalankan beberapa program yang bagus sekaligus . Performa ini juga dapat memainkan game 3D yang cukup bagus seperti PES 2015 dll . Untuk membeli komputer pada type ini anda dapat menghemat budget dan hanya mengeluarkan dana sekitar $300 sampai $ 700 atau dalam rupiah sekitar 3 juta sampai 7 juta . Hemat bukan ? 

Performa tinggi


Komputer untuk performa sangat tepat bagi gamer professional , dengan komputer performa tinggi game akan berjalan dengan lancar dengan tampilan yang mengagumkan . Komputer ini juga menjadi pilihan bagi developer software agar dalam merekaya software dan eksport dapat dengan lancar . Untuk komputer performa tinggi biasanya RAM yang dibutuhkan minimal 16 GB , dan untuk budgetnya mu dapat menguras tabungan anda karena minimal harga adalah $1000 sampai tak terhingga . Dalam rupiah $1000 berarti 10 Juta . 

Perhatikan bahwa harga diatas tidak termasuk perangkat tambahan seperti keyboard , mouse, monitor , speaker.

Saya tidak akan mengulas perangkat tambahan pada artikel kali ini , yang saya ulas hanya hardware utama yang dibutuhkan dalam merakit PC . Dibawah ini saya menunjukkan apa saja hadware utama yang penting , dan mana yang paling penting untuk merakit PC .



Hardware utama yang digunakan untuk merakit PC

Power Supply

Hardware pertama yang dibutuhkan dalam merakit PC adalah Power Supply . Ya iya lah , tanpa power supply komputer mana bisa nyala . Power Supply adalah komponen yang menyuplai arus listrik kedalam komputer . 

Processor

Komponen utama dalam merakit komputer | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.2 : Ilustrasi Processor

Processon (CPU) adalah otak dari komputer anda . Hal yang melakukan tugas-tugas yang anda berikan . CPU yang handal dapat melakukan banyak tugas secara bersamaan , dan melakukannya dengan cepat . Untuk anda yang merakit PC low performance mungkin tidak harus memilih Processor yang tinggi karena tentu tidak akan efektif dan terkesan boros . Berbeda dengan dengan anda gamer prefessional , jangan menggunkan Processor yang biasa bila tidak ingin Processor anda Over Proses . 

Motherboard

Motherboard menghubungkan semua komponen lainnya satu sama lain , dan merupakan papan induk . Motherboard adalah tampat Processor diletakkan . Kebutuhan motherboard sangat penting bagi anda pengguna high performance.

RAM

Komponen utama dalam merakit komputer | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.3 : Ilustrasi RAM
Random Acces Memory (RAM) adalah komponen yang tak kalah pentingnya dari processor dan motherboard . Bagi anda yang hanya menggunakan komputer sebagai tugas sekolah / kuliah tidak masalah , RAM yang dibutuhkan hanya 2 GB cukup , namun berbeda bagi anda gamer sejati . Kebutuhan RAM juga sangat dibutuhkan untuk memperlancar jalankan game . 8 GB sampai dengan 16 GB adalah RAM yang cocok bagi anda seorang gamer . 

VGA

Vidoe Graphics Accelelator (VGA). Iya, komponen yang satu ini juga cukup penting . Fungsi VGA adalah mengolah data digital menjadi tampilan yang muncul pada monitor . Saat ini VGA yang populer adalah Intel Nvidia dan AMD Radeon . 

Hardisk

Hardisk adalah komponen utama berikutnya . Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data di dalam komputer . Yang saya tahu , kebanyakan komputer sekarang menggunakan hardisk 500 GB .



6 Hardware yang saya ulas diatas adalah hardware utama dalam merakit PC . Masih banyak lagi hardware yang digunakan untuk merakit PC , sebut saja Casing , Headsing , Kabel Power , ROM , dll .

Pada artikel selanjutnya saya akan mencoba mengulas cara memilih hardware dan membelinya sesuai kebutuhan . So , di tunggu yaa .. 

0 Response to "Apa saja hardware utama dalam merakit komputer ?"

Post a Comment