Customer service harus diistimewakan | Kecewa dua kali

Customer service harus diistimewakan | Kecewa dua kali


IosinotesCustomer Service harus diistimewakan , kecewa dua kali . Pada hari ini saya ingin sedikit bercerita mengenai pelayan publik yang terdapat pada negara ini . Mungkin anda bingung membaca judul yang saya pakai diatas , soalnya saya juga lagi kecewa . Oke berawal dari , pada hari minggu sekitar 3 minggu yang lalu saya membeli Hardisk Eksternal WD My Passport di Hi Tech Mall Surabaya , mungkin bagi anda yang tinggal di Surabaya sudah pasti tahu tempat yang satu ini . Yang akan saya bahas bukan Hi Tech Mall nya mengenai … 

Oke , lanjut cerita aja , saat membeli hardisk kan dapat antivirus tech titan free untuk 1 tahun dan biaya recovery data 1 tahun pula . Sesaat setelah hardisk diberikan kepada , kemudian saya bayar . “Mas, udah tahu kan cara pasang anti virusnya ? ” tanya mas-masnya . “Iya , udah tahu mas” Jawab saya . Emang tahu , tinggal install aja kok . Saya belum tahu kalau tech titan wd nya itu menggunakan nomor seri yang harus digosok sebelum digunakan . 

Setelah saya gosok , kemudian saya mengikuti petunjuk yang terdapat pada bungkus nya. Berikut petunjuk yang ada .. 
  1. Kunjungi web http://www.tech-titan.com
  2. Gunakan nomor seri anda dan isi informasi yang dibutuhkan pada form penukaran . Tekan tombol “Radeem” 
  3. Kode aktivasi akan terkirim ke email anda

Setelah mengikuti petunjuk dengan benar dan rinci , tak lama kemudian datanglah masalah yang menjadi penyebab artikel ini ditulis .


Customer service harus diistimewakan | Kecewa dua kali
Email invalid serial number

Apaan coba ? Kenapa failed , dalam kemasan ditulis sebelum tanggal 31 oktober 2015 . Saya memasukkannya tanggal 24 September . Why ? Bingung deh…

Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke toko tempat saya beli hardisk tersebut . Tapi tidak ada waktu karena saya masih magang . Setelah kira-kira 1 minggu , tanggal 5 oktober 2015 saya berangkat ke Hi Tech Mall Surabaya untuk menanyakan problem ini .

Oh iya , adalah satu masalah lagi yaitu struk pembelian saya hilang , soalnya ada dalam tas plastik nya, dan tas plastik dibuang tak tahu dimana . Berangkat ke Hi Tech Mall dengan 1 problem dan 1 masalah . Hehehe, sama aja . Tapi problem itu activation code kok failed , sedangkat masalah adalah hilangnya struk itu . :D

Setelah saya ingat-ingat toko tempat pembelian , muter-muter 15 menit akhirnya ketemu . Nama tokonya …. (Tidak saya sebutin) . Setelah melihat depannya ternyata benar , akhirnya saya perlahan masuk . “Iya mas, ada yang bisa saya bantu” sapa pegawainya , kali ini pegawai nya cewek . “Gini mbak , sekitar 1 minggu yang lalu saya beli hardisk di toko ini , kan ada free antivirus itukan , setelah masukin kok failed yaa, kenapa itu mbak ” . “Mana struk nya mas” ? Haduhh , hilang , gimana ini . “Struk pembeliannya itu mbak , ada dalam tas kantong plastiknya , tas kantong plastiknya hilang ” . “Oh nggak bisa , disini harus pakek struk , kalau nggak ada struk gabisa ” . “Tapi ini beli di toko ini , kalau nggak mana mungkin pergi jauh-jauh dari rumah , kemudian saya masuk ke toko ini ” . “Gini aja deh mas, coba langsung pergi ke WD nya di jalan ini (sambil memberi brosur kepada saya ) ” . Stoppppp .. Inilah kecewa yang pertama ..

Saya mikirnya , kenapa harus dikekang oleh struk , pelayanan macam apa ini , mengalihkan tanggung jawab ke pihak lain .

Oke , lanjut cerita pergi ke alamat yang terdapat dalam brosur . Jalan lagi , ke Hi Tech Mall parkir 2 ribu tanpa hasil .

Setelah cari-cari nah akhirnya ketemu , 10 menit perjalanan ke kantro WD nya . Akhirnya , parkir dan masuk . Kemudian saya duduk menunggu antrian . Selang beberapa menit , “Iya mas nya, ada yang bisa dibantu ” Kemudian maju duduk dikursi nya dan ngomong gini “Gini mbak , kan saya beli hardisk WD , dapat antivirus tech titan free , setelah saya masukkan kok kode activation failed, padahal masih 31 oktober expired nya ” . “Jadi , ini belum dipakek hardisk nya ?” . “Iya , belom saya isi mbak ” . “Belum dipakek tapi udah gak bisa ?” , “Hah , gak nyambung (Dalam hati saya)” , “Hardisk nya bisa dipakek , tapi kode activation antivirus nya failed ” . “Oh , antivirus nya, bentar tanya ini dulu” kemudian mbaknya masuk . Oke lah , sabar . Setelah keluar “Maaf mas, disini hanya menerima replacement aja , kalau hardisk rusak , bisa kami ganti , kami tidak mengurusi antivirus atau segala macem ” . “Jadi ini antivirus percuma yaa ? Nggak bisa dipakai ? ” . “Iya, kami hanya menerima replacement , kalau code nya tidak verifed itu diluar tanggung jawab kami ” . Berulang kali mbaknya bilang hanya menerima replacement . Stoppp inilah kecewa saya yang kedua .

Kenapa sih , mbaknya itu , kayak robot yang udah diprogram . Kaku banget ucapannya, Customer Service is king . Saya mikirnya kenapa tidak bantu sesuai kemampuan yang bisa dilakukan digitu . Kalau saya yang jadi Direktur atau CEO nya , Insyallah saya tanamkan kesemua team bahwa kerahkan semua kemampuan yang kalian bisa untuk mengatasi masalah customer .

Customer service harus diistimewakan | Kecewa dua kali
Hardisk WD My Passport yang saya beli


Mungkin sampai disini dulu cerita saya pada hari ini . Udah 870 kata . Semoga anda yang membaca juga terinspirasi bahwa customer harus diistimewakan .

Bagi anda yang juga mengalami hal yang sama terhadap customer service , bagi cerita dong di komentar . Semoga ada instansi atau organisasi yang membaca artikel ini kemudian meningkat kualitas pelayan terhadap pelanggan .

0 Response to "Customer service harus diistimewakan | Kecewa dua kali"

Post a Comment