Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya

Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya | iosinotes.blogspot.com
Logo GDG DevFest

Iosinotes – Selamat pagi sahabat , apa kabarnya yang disana ? Hehehe , maaf soalnya akhir-akhir ini saya jarang posting artikel , karena beberapa faktor tentunya, disamping banyak tugas , plus kuota hampir habis , yaudah lah pasrah , cuma bisa dibuat bales email dan bbm .

Hari ini saya mau bercerita bagaiamana luar biasaya GDG Dev Fest 2015 di Surabaya. Kemarin , tepatnya hari minggu , tanggal 18 Oktober 2015 . Dimulai dari sebelumnya , bagaiamana saya mengetahui ada acara se luar biasa ini . Sekitar 2 minggu yang lalu , ( Sebelum 18 Oktober 2015 ) saya mendapatkan email dari Start Surabaya bentuknya undangan untuk mengikuti acara Dev Fest 2015 . Allhamdulillah , dalam hati saya (belum dibuka emailnya). Kemudian saya klik , ada 3 kegiatan , yaitu Firebase , VR Codelabs , dan Dev Fest 2015 .

Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.2 : Email dari Start Surabaya

  1. Firebase adalah bagaiamana membuat aplikasi dengan memanfaat teknologi terkini yakni firebase itu sendiri . 
  2. VR Codelabs, sebenarnya saya kurang tahu , VR sih singkatan dari Virtual Reality . 
  3. Game Dev Fest 2015 , kalau ini seminar sobat . 

Jujur saya tidak suka game , jadi sudah pasti tidak daftar cara yang berhubungan dengan game . Saya daftar Firebase ..

Acara Firebase juga sangat seru loh , fasilitatornya adalah Mas Andri Yadi (@andri_yadi) CEO dari DyCode . Untuk pengalaman saat mengikuti Firebase saya tulis mungkin diartikel yang berbeda .

Acara Firebase dilaksanakan di Universitas Ciputra Class Room 308 Lantai 3 . Acara yang dimulai dari jam 10 sampai jam 1 ini memberikan ilmu yang sangat bermanfaat . 

Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.3 : Acara Firebase


Ohh , iya sebelumnya , ada acara Indonesia Android Academy dimana acara itu semacam academy dengan pembelajaran pemrograman android . Android Academy Indonesia (AAI) diikuti oleh 5 kota besar . (Jakarta , Surabaya , Bandung, Makassar , Semarang) . Dan setiap kota , terdiri dari 4 bacth (4 gelombang) . Saya mengikuti batch kedua . Acara AAI dilakukan selama 2 hari dan 100 orang dengan nilai teratas akan mendapatkan special swag .



Berawal dari sini , Allhamdulillah , saya juga termasuk dalam 100 orang nilai teratas . Akhirnya saya mendapatkan email , Selamat kalau saya 100 orang dengan nilai teratas . Senang sekali rasanya . 
Untuk menclaim swagnya , harap claim di lantai 7 Game Dev Fest 2015 .

Setelah acara Firebase selesai , saya langsung menuju lantai 7 , ohh iya ada kejadian dimana saat saya sudah nyampai di lantai , saya baru ingat kalau jaket saya belum saya bawa , dan masih di meja tempat firebase dilaksakan .

Otomatis kembali , lariiiii … Allhamdulillah , masih banyak peserta yang belum pulang , lalu saya ambil jaket saya, sambil memastikan tidak ada barang yang ketinggalan lagi .

Kemudian naik kembali ke lantai 7 . Nyampai di lantai 7 , ketika hendak menclaim swag , ternyata ada Kak Sutisna Mulyana  . Kamu Unesa ? , Oh bukan mas, saya masih SMK . Oh Iosi ? . Iya . Dia tanya bagaimana setelah mengikuti android academy , saya jawabnya seru , dapat banyak pelajaran tentang android , dan dapat banyak teman baru tentunya . Setelah AAI , rencana kedepannya mau ngapain , misalnya bikin startup kah , atau apa . Kalau saya sih , ada rencana bikin aplikasi agenda harian dimana dengan aplikasi tersebut tujuannya membuat pengguna lebih mudah dalam mengatur waktu . Ohh sip , menarik , nanti kamu aja yang saya tanyain didepan , kan ada 3 orang, 1 cewek , 1 seorang dosen , dan 1 kamu smk . Iya mas. Nanti kamu masuk aja langsung , tapi jangan jauh-jauh dari saya nanti panggil . Iya , mas , tapi saya sholat dulu soalnya belum sholat . Iya, nanti langsung masuk aja kedalam . 

Kemudian saya sholat , dilantai bawah sendiri . Lantai 7 , seberang jalan pula .

Setelah sholat saya kembali ke atas , kemudian masuk ..

Saat saya masuk , ternyata Dev Fest 2015 sudah dimulai , dan dalam sesi demo virtual reality . Beruntung saat masuk , ada kursi kosong , dan itu saya tempati langsung . 

GDG Dev Fest 2015 . Menurut saya acara luar biasa . Banyak ilmu yang saya peroleh , misalnya dalam sesi Virtual Reality , saya jadi tahu bagaiamana bentuk perkembangan teknologi 10-15 tahun kedepan . Dalam sesi tanya jawab bersama Mas Ibnu Sina , Google Developer Expert dari GITS , CEO Mainz Studio , dan Co-Founder Mojiken dari Surabaya . Saya mendapat ilmu , bagaiamana mencari collaboration yang baik , misalnya seperti mencari jodoh katanya . Lalu bagaiamana kegagalan menjadi tolak semangat untuk berhasil selanjutnya , dan saat sesi mereka berakhir . Sang moderator meminta mereka untuk 1 kalimat untuk para peserta seminar agar semaikin kedepannya . 

CEO Mainz Studio “ Dont Stop Learnig ” , jangan pernah berhenti belajar . Kapan saja , adalah waktu anda untuk belajar , dimana saja , adalah tempat ada untuk belajar , dan siapa saja adalah guru anda untuk belajar .

Lalu Mas Ibnu Sina dari GITS . “Lovers you do” , cintai yang kamu lakukan , karena kalau penyebab seseorang menyerah ketika mengejar sesuatu , karena seseorang tersebut tidak menyukai hal tersebut . Dengan suka , kita bisa lebih baik mengerjakan .

Dari Mojiken ini agak kocak , dia bilang bingung mau bilang apa, stok kata mutiara saya sudah habis katanya . Kemudian mungkin terlinstas di pikirannya. Dia bilang menemukan kata-kata ini di pantat truk yang berbunyi “Tetep Eleng lan Waspada” . Soalnya dalam menghadapi persaingan kita tidak mungkin merasa puas . Orang seperti Bill Gates , Larry Page , dan Steve Jobs adalah orang yang tak pernah puas akan suatu hasil , mereka terus dan selalu mencari inovasi terbaru agar dapat bersaing .

Setelah sesi ini , kemudian break sebentar , sekitar 15 menit .

Saat break , saya makan jajan yang disediakan panitia , kemudian tak ketinggalan pula mencoba apa itu lupa saya nama . Jadi kayak kelihatan 3d gitu . 


Setelah break , kemudian semua peserta masuk kedalam .

Ada beberapa yang membuat acara ini begitu istimewa , selain kerja sama yang luar biasa dengan Ciputra dan Google . Hari ini kita juga kedatangan tamu istimewa langsung dari Google . Langsung saja kita panggil Miss Erica Hanson

Inilah sesi pertama setelah break sebentar . Erica Hanson adalah Google Developer Relation . Saya pernah ketemu dia saat Android Academy

Erica Hanson menjelaskan dari mana dia berasal , alasan bergabung dengan google , apa saja produk google , lalu project google kedepannya . Sangat banyak deh , 

Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.4 : Erica Hanson


Salah satu dia juga mengatakan Android Academy Indonesia .

Sekian , Terima Kasih , (dengan logat inggris)

Kira-kira begitu yang diucapkan oleh Miss Erica Hanson saat menutup sesinya .

Kan tadi Miss Erica Hanson , menyinggung Android Academy Indonesia . Apa sih , Android Academy Indonesia itu ? Mau ? Langsung saja kita tanyakan kepada Sutisna Mulyana perwakilan dari Google Android Academy Indonesia .

Android Academy Indonesia adalah sebuah program …. bla-bla panjang detail sekali penjelasannya

Untuk marilah kita panggil saya , perwakilan dari peserta android academy . Yang pertama adalah dari cewek , …. (lupa saya namanya) . Kemudian ini Android Academy tidak hanya untuk mahasiswa , tapi ini ada peserta yang dari SMK , langsung saja kita panggil Iosi Pratama (nama saya dipanggil … deg deg deg ) . dan yang peserta terakhir ini adalah biasanya mahasiswa mendominasi kegiatan , tapi adalah al menarik dimana dosen yang ikut android academy indonesia . Langsung saja kita panggil … . (beneran lupa namanya)

Kemudian saya kami bertiga duduk didepan . Dan kami ditanya . Sebelumnya perkenalkan diri kalian dulu dari mana .

Yang pertama cewek mempernalkan diri terlebih dahulu .

Kemudian saya , mas Iosi …

Oke, Saya suka android dan lagi belajar android , saya masih 16 tahun , dari SMKN 2 Surabaya dan nama saya Iosi Pratama Putra . 

Kalau pak dosen ..

Dosen yang disebelah saya memperkenalkan diri , dia tenang gitu, mungkin sudah biasa berbicara dihadapan orang banyak . 

Kemudian saya diajak berdiri dan foto , disini juga pengelaman bersalaman dengan sang Google Developer Relation . Erica Hanson . 

Setelah sesi ini , ada sesi dimana mempernalkan tentang firebase , dan masih sama , Mas Andri Yandi sebagai pembicaranya .

Stop , saya pause ini cerita ,

Inilah pengalaman pertama yang saya bilang luar biasa , dimana saya didepan ratusan orang hebat (developer , mahasiswa , CEO , dan dari GDG juga ada ), ngomong dan bercerita , tentu jantung saya , dag dig dug dag dig dug . 

Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.5 : Horeee , saya yang paling tinggi
Dapat swag dari Google

Saya berusaha menyembunyikan rasa tegang saya dengan bersikap tenang . Dan kemudian menjawab setiap pertanyaan dari Mas Sutisna dengan bersemangat .

Oke, Saya suka android dan lagi belajar android , saya masih 16 tahun , dari SMKN 2 Surabaya dan nama saya Iosi Pratama Putra .

Kalau pak dosen ..

Dosen yang disebelah saya memperkenalkan diri , dia tenang gitu, mungkin sudah biasa berbicara dihadapan orang banyak .

Kemudian saya diajak berdiri dan foto , disini juga pengelaman bersalaman dengan sang Google Developer Relation . Erica Hanson .

Setelah sesi ini , ada sesi dimana mempernalkan tentang firebase , dan masih sama , Mas Andri Yandi sebagai pembicaranya . 


Sesi ini adalah sesi terakhir . Untuk apa itu Firebase akan saya tulis di artikel lain yaa , biar sahabat juga tahu . 

Kira-kira pukul 16.30 acara ini berakhir , ditutup dengan acara foto bersama . 

Untuk fotonya , mungkin belum di upload , jadi belum bisa nunjukin keseruannya . 



Bagaimana , apakah sahabat juga mengikuti acara Dev Fest 2015 ? Di kota lain ? atau ada yang ingin ditanyakan , ungkapkan saja , kita berbagi cerita oke ?

Semoga cerita saya , pada hari dapat menginspirasi dan menambah wawasan sahabat .  


0 Response to "Pengalaman luar biasa dari GDG Dev Fest 2015 di Surabaya"

Post a Comment