Tips magang yang tinggal di tempat industri (Nginap)

Tips magang yang tinggal di tempat industri (Nginap) | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.1 : Ilustration


Sebelum lebih jauh ke tips magangnya , sebelumnya saya mau tanya , apasih PSG itu ?

Paris St Germain ? Bukanlah . Iya , Pendidikan Sistem Ganda , kan sudah saya tulis diatas . Lebih detailnya , menurut artikel situs SMKN 1 Pulau Maya . PSG atau juga disebut praktek kerja industri adalah kegiatan yang mamadukan pendidikan di sekolah dengan dengan pendidikan di Dunia Industri . Para siswa melakukan praktik kerja langsung dengan dibimbing oleh pembimbingnya masing-masing secara terprosedur untuk mempelajari keahlian tertentu . Lalu, untuk apa magang / PSG dilakukan ? Kan SMK , Sekolah Menengah Kejuruan , ya tujuannya adalah mempersiapkan tenaga kerja yang mumpuni dan mampu bekerja mandiri .

Anda akan magang kan ? Jadi selamat , manfaat yang luar biasa akan menanti anda , apalagi yang tinggal di tempat industri seperti yang saya lakukan saat magang . Cerita seru pengalaman saya saat pertama kali magang dapat dibaca disini dan manfaat dari kegiatan magang dapat dibaca disini . 

Lalu apa tips magang bagi anda yang tinggal di tempat industri , bahasa surabaya nya nginep 
Dibawah ini , tulisan sederhana , semoga menjadi amal jariyah bagi pembaca . 

Apa yang harus dipersiapkan sebelum magang dilaksanakan ? Agar magang anda menjadi sumber ilmu pengetahuan dan wawasan yang luar biasa untuk kedepannya , perlu anda menjawab 3 pertanyaan dari saya dulu . 

Kenapa anda magang ?

Tips magang yang tinggal di tempat industri (Nginap) | iosinotes.blogspot.com
Ilustration : Why Anda Magang

Ini , penting ketahui alasan anda magang . Dilaksanakannya kegiatan magang / PSG adalah agar siswa tahu dunia kerja yang akan dituju setelah sekolah nanti . Jangan sekali-sekali anda magang hanya untuk melengkapi kegiatan sekolah saja . Karena apa ? Rugi , benar-benar rugi , ketika saya magang dulu saya selalu ingin memberikan hasil yang terbaik kepada siapapun . Kepada pembimbing , perusahaan , dan lingkungan sekalipun . Inilah kesempatan anda untuk menjadi mandiri , tunjukkan kedunia luar bahwa anda mampu . 

Apa tujuan anda magang ?


Yaah , ini berkaitan erat dengan pertanyaan pertama . Tentukan tujuan anda sejak awal . Apa yang ingin anda raih setelah kegiatan magang selesai . Misalnya saya , setelah magang harus bisa persentasi dengan lancar . Karena ketika di rumah anda orang tua , mungkin membuat kita malu , ketika kita magang dan tinggal di tempat industri , itulah kesempatan kita untuk belajar presentasi . Selanjutnya adalah dimanakah tujuan anda magang . 

Dimanakah anda magang ?


Setelah mengetahui alasan anda magang untuk apa , kemudian ada target yang ingin diraih saat magang misalnya ingin menguasai Bahasa Permograman Web , selanjutnya kita tentukan tempat kita magang . Apakah mungkin kita menulis target menguasai bahasa pemrograman web , sedangkan kita magang di tempat yang bukan pada bidang web misalnya jasa editing foto . Tidak kan . Tempat juga penting , karena bagaimana pun disanalah anda menuntun ilmu dan menambah wawasan pengetahuan . Jadi , yaa , tentukan tempat anda magang . Bila anda sekolah SMK di Surabaya atau berada di sekitar Surabaya , berikut ini saya pernah menulis list tempat perusahaan software house yang menerima anak SMK di sekitar Surabaya . Disini 

3 Pertanyaan diatas menurut saya cukup penting karena menjadi pokok dari kegiatan . Dengan begitu kita juga men setting otak bawah sadar kita . Bila saat magang kita malas , otomatis otak kita akan mengingat kita, inilih tujuan anda magang , dan ini target yang harus anda capai , jadi ayo jangan malas . Hehehe , kira-kira begitu ..


Oke, berikut ini kita ke inti artikel , yaitu tips magang bagi anda yang tinggal di tempat industri .

1. Persiapkan alat kebersihan pribadi

Gambar 1.3 : Ilustration Pasta Gigi

Ini penting bagi anda . Udah besar kok masih jorok . Dengan berpenampilan yang sopan kita akan lebih dihargai daripada bepenampilan compang camping. Dulu saya sendiri menyiapkan sabun muka, sabun badan , pasta gigi , sikat gigi , rexona , sabun cuci , dll . Karena 2 hari sebelum keberangkatan , bersama dengan ibu , saya kepasar bareng untuk menyiapkan semua barang yang kita-kira diperlukan saat akan magang . Jadi usahakan jangan minta yaa, menurunkan harga diri kita dihadapan orang lain .

2. Menyiapkan pakaian yang akan digunakan

Sebelum anda magang , akan lebih baik 1 minggu atau kurang lebih dahulu survei tempat magang . Apakah cuaca tempat magang dingin . Kan bertempat tinggal di tempat industri nih . Bawa pakaian seadanya saja . Misalnya setiap hari sabtu pulang , jadi cukup bawa pakaian 6 saja .

3. Alat penunjang aktifitas di tempat idustri juga perlu

Setelah pakaian , kan bertempat tinggal di tempat industri , otomatis anda tidurnya bareng bersama sesama teman magang . Jadi usahakan bawa selimut yaa , hehe.. biar tidak saling memandang aurat masing-masing .

4. Tepat waktu penting

Perusahaan manapun tentunya sudah membudayakan karyawan tepat waktu . Kalau karyawan aja yang sudah pasti kerja tepat waktu , apalagi kita yang masih numpang belajar magang . Masih punya muka kah kita bila tidak tepat waktu ? . Tepat waktu bila perlu saat anda diberi amanat untuk mengerjakan sebuah tugas . Bila sudah ditarget selesai pada hari rabu , ya hari rabu , apapun alasannya . Oke ? Siap tepat waktu ? Kita lanjut ke tips kelima .

5. Menjadi Pro-Aktif kalau ingin punya wawasan lebih

Tentu , kalau ingin punya ilmu dan wawasan lebih tentu harus aktif . Ada kalimat dalam islam yang berkata bahwa kunci dari ilmu adalah pertanyaan , jadi banyak-banyak bertanya lah . Tapi ingat , bertanya harus pandai memilih waktu yang tepat . Jangan sampai ketika pembimbing kita sibuk kemudian kita bertanya, sebisa mungkin lah jangan merepoti .

6. Belajarlah apa yang kamu suka

Ini merupakan kunci antisipasi kebosanan . Banyak orang yang ketika mempelajari sesuatu dan tak lama kemudian mereka bosan dan kemudian enggan untuk belajar kembali . Lovers you do . Dengan begitu anda akan senang mempelajarinya dan juga sungguh-sungguh .

7. Buatlah jadwal harian

Jadwal harian dapat membuat anda semakin disiplin dan produktif . Anda kan tinggal di tempat industri . Bisa saja kan , anda belajar dari pagi hingga malam menjelang tidur . Wau , sangat luar biasa bila anda melakukan itu .



Mungkin untuk artikel ini sampai tips ketujuh aja yaa. Semoga yang saya tulis diatas menambah wawasan dan menginspirasi bagi anda .

Atau anda punya tips selain ketujuh diatas . Santai saja , tulis di kolom komentar agar kita dapat merasakan indahnya berbagi cerita dan ilmu pengetahuan .

Semoga sukses magang .

0 Response to "Tips magang yang tinggal di tempat industri (Nginap)"

Post a Comment