Apakah Pengertian Algoritma ? | Belajar Pemrograman Dasar

IosiNotesPengertian AlgoritmaDefinisi Algoritma - Contoh Algoritma . Algoritma , adalah pelajaran yang pertama kali saya dapatkan saat masuk SMK N 2 keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Algortima termasuk dalam mata pelajaran Pemrogram Dasar. Dari awal guru pemrograman dasar saya selalu bilang kalau menguasai algoritma adalah syarat untuk menjadi programmer handal , saya pun penasaran dengan algoritma .  Awalnya saya kira algoritma dan logaritma itu sama , karena bunyinya hampir sama , ternyata ehh , lebih mudah logaritma ..

Baiklah pada artikel kali ini saya membagikan ilmu mengenai algoritma . Seperti yang guru saya katakan diatas , algoritma sangat penting bagi programmer saat ingin menyelesaikan sebuah masalah . apa pengertian algoritma ?
Pengertian Algoritma - Defini algoritma - iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.1 : Ilustrasi Algoritma Pemrograman 

Pengertian Algoritma 


  • Algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu . 

  • Pengertian algoritma menurut buku yang saya pelajari (Algoritma Pemrograman  - Penerbit Andi ) adalah Teknik penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas , tetapi tersusun secara logis dan sistematis . 

  • Pengertian lain algoritma adalah suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya . 


Algoritma secara tidak sadar telah kita lakukan sehari-hari misalnya Untuk membuat kue , kita mengenal yang namanya resep , resep itulah yang disebut algoritma . Dalam resep terdapat langkah-langkah yang urut untuk menyelesaikan sebuah masalah yaitu membuat kue .

Contoh algoritma :

Proses  : Membuat Kue :
Algoritma : Resep Kue
Contoh langkah :  Campurkan 2 butir telur ke dalam adonan, kemudian kocok hingga mengembang

Mungkin sampai disini dulu pada artikel kali ini , pada artikel selanjutnya akan saya bahas  sifat algoritma dan ciri-ciri algoritma yang baik serta cara membuat algoritma .

Semoga artikel ini bermanfaat bagi  sobat semua .

Sampai jumpa

0 Response to "Apakah Pengertian Algoritma ? | Belajar Pemrograman Dasar"

Post a Comment