Mengenal IP Address Lebih Jauh Yuk !

IosiNotesPengertian IP AddressDefinisi IP Address Fungsi IP Address - Fungsi IP Address - Kegunaan dari IP Address . IP Address (Internet Protocol Address ) , pertama kali saya mengenalnya  ketika belajar mengenai cara mengirim file menggunakan kabel Cross-Over dan Straight , pada salah satu langkahnya adalah harus menyetting IP Address . Bila sobat tertarik untuk mencoba belajar Cara mengirim file menggunakan kabel Cross-over dan Straight , sobat bisa membaca di artikel sebelah sini . Ini berguna ketika sobat tidak membawa Flashdisk . Baiklah kita kembali ke artikel kali ini , Mengenal IP Address Lebih Jauh Yuk !

Perumusan Masalah :
  • Apa pengertian IP Address ?
  • Apa fungsi dari IP Address ?
  • Sistem Pengalamatan IP Address ?

So , mari saya ulas satu-persatu

Artikel terkait :
Apakah Topologi Jaringan itu ? Catatan siswa RPL
Apa Pengertian, Tujuan , Manfaat dari Jaringan Komputer ? Sebutkan Macam-macamnya !

Pengertian IP Address ?

Pengertian IP Address | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.1 : Ilustrasi Alamat IP
Menurut buku jaringan dasar yang pernah saya baca , pengertian IP Address adalah nomor untuk mengindentifikasikan komputer , server atau alat lain dalam jaringan internal atau internet lewat TCP / IP .

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia , Alamat IP (IP Address)  adalah deretan angka biner antara 32 bit , sampai 128  bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet .

Menurut beberapa sumber dari internet , pengertian IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain .

Lalu apa pengertian IP Address menurut saya ?  ( :v )

Menurut saya IP Address adalah sebuah alamat komputer yang berfungsi seperti alamat rumah , mengidentifikasi dari sebuah komputer , agar bisa saling terhubung antar komputer lainnya . ( :v )

Lalu , Apa Fungsi dari IP Address ?


Pada pengertian diatas telah saya sampaikan bahwa fungsi IP Address adalah agar bisa saling terhung antar komputer lainnya . IP Address memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan . Seperti hal nya  rumah , maka IP address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan , sehingga komputer 1 bisa mengirim dokumen ke komputer 2 , maka dokumen tersebut dapat dipastikan tidak sampai ke si C .

Sistem pengalamatan Internet Protocol  ? 

Menurut Wikipedia , Sistem pengalamat IP ( Internet Protocol ) terbagi menjadi dua , yaitu

  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)


Mari saya kupas satu-persatu :

IPv4 , IP Address versi 4 | iosinotes.blogspot.com
Gambar 1.2 : Ilustrasi IPv4

  • IP versi 4 ( Alamat IPv4 ) adalah alamat IP yang mungkin sering digunakan saat ini . Panjang totalnya 32 bit . Contoh alamat IPv4 yang mungkin sudah familiar adalah 192.168.0.2 . Dilihat dari octet pertamanya , alamat IPv4 terbagi kedalam beberapa kelas yaitu kelas A sampai E . dan yang saya kenal hanya Kelas A , Kelas B , dan Kelas C . Pada pelajaran menghitung Subnetting . Untuk lebih jauh mengenai kelas-kelas akan saya bahas di artikel selanjutnya . sekarang saya menuju ke IP versi 6 .
    Pengertian IP Address | fungsi ipaddress | iosinotes.blogspot.com
    Gambar 1.3 : IPv6
  • IP versi 6 ( Alamat IPv6 ) , berbeda dengan IPv4 yang hanya memiliki panjang 32 bit , alamat IPv6 memiliki panjang 128 bit . Untuk alamat IPv6 saya masih belum terlalu mengetahui , mungkin juga dikarena IPv6 belum digunakan pada tingkat sekolah komputer . 


Mungkin sampai disini dulu untuk artikel “Mengenal IP Address Lebih Jauh Yuk ! ” pada artikel selanjutnya akan saya bahas lebih dalam mengenai Perbedaan IPv4 dan IPv6 . Semoga artikel diatas menambah pengetahuan sobat semua .

Bila sobat mengetahui pengertian dan fungsi dari IP Address selain yang saya sebut diatas saya sangat berterima kasih bila sobat berkenan menambahkannya di kolom komentar .

Sampai Jumpa .

0 Response to "Mengenal IP Address Lebih Jauh Yuk !"

Post a Comment