Format Penulisan Algoritma - Cara Penulisan Algoritma | Sama Aja

IosiNotesAturan Penulisan AlgoritmaCara penulisan AlgoritmaFormat Penulisan Algoritma Deskriptif Flowchart Pseuducode . Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang logis dan sistematis untuk menyelesaikan sebuah masalah . Untuk membuat / menulis algoritma terdapat aturan-aturannya tidak sembarangan . Pada artikel kali ini saya membahas mengenai Cara Penulisan Algoritma / Format Penulisan Algoritma , untuk materi dari artikel ini saya peroleh dari buku paket RPL yang saya beli dan gambar dari Maskanang , okelah kalau begitu , simak penjelasannya dibawah ini ,
Baca Juga :
Mengenal Struktur Dasar Algoritma | Pemrograman Dasar 

Format Penulisan Algoritma / Cara Menulis Algoritma

Cara Penulisan ALgoritma | Format penulisan algoritma
Gambar 1.1 : Ilustrasi Cara Penulisan Algoritma
Penulisan   algoritma   tidak   terikat   pada   suatu   aturan   tertentu, tetapi harus jelas maksudnya untuk tiap langkah algoritmanya. Namun pada dasarnya algoritma dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan format penulisannya, yaitu:

1. Deskriptif

Algoritma     bertipe deskriptif   maksudnya     adalah   algoritma   yang   ditulis dalam bahasa manusia sehari-hari (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan dalam bentuk   kalimat.   Setiap   langkah   algoritmanya   diterangkan   dalam   satu   atau   beberapa kalimat.
Sebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan berikut ini:
Cara Penulisan ALgoritma | Format penulisan algoritma
Gambar 1.2 : Contoh cara Penulisan Deskriptif

2. Flow Chart (Diagram Alir)

Selain dalam bentuk tulisan, algoritma juga dapat ditulis dalam bentuk diagram- diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Algoritma yang ditulis dengan simbol-simbol demikian yang dinamakan flow chart. Mengenai lambang-lambang yang digunakan akan dibahas   pada   bagian selanjutnya. Sekarang diberikan suatu contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan seperti yang dicontohkan sebelumnya, tetapi ditulis dalam bentuk flow chart.
Cara Penulisan ALgoritma | Format penulisan algoritma
Gambar 1.3 : Contoh cara Penulisan Flowchard

3. Pseudocode

Baca Juga :
Aturan Penulisan Algoritma Pseuducode
Pseudo berarti imitasi dan code berarti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang   ditulis   dalam bahasa   komputer     (kode   bahasa   pemrograman).Apabila diterjemahkan   secara   bebas,maka   pseudocode   berarti   tiruan atau   imitasi   dari   kode bahasa pemrograman. Pada   dasarnya,   pseudocode merupakan   suatu   bahasa   yang   memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap permasalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari   bahasa   pemrograman     yang   tertentu. Tidak   ada aturan penulisan   syntax   di   dalam pseudocode.Jadi pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrogramannya. Walaupun pseudocode tidak ada aturan penulisan syntax, di dalam buku ini akan diberikan   suatu   aturan-aturan penulisan   syntax   yang cukup   sederhana   agar pembaca dapat   lebih   mudah   dalam   mempelajari   algoritma-algoritma   yang   ada   di dalam buku ini.   Pseudocode   yang   ditulis   di   dalam   buku   ini   akan   menyerupai   (meniru) syntax-syntax dalam bahasa Pascal. Namun dibuat sesederhana mungkin sehingga tidak akan ada   kesulitan   bagi   pembaca   untuk   memahami   algoritma-algoritma dalam   buku   ini walaupun pembaca belum pernah mempelajari bahasa Pascal. Contoh algoritma   menentukan   bilangan   terbesar   dari   tiga   bilangan  yang   ditulis dalam bentuk pseudocode bergaya buku ini.
Cara Penulisan ALgoritma | Format penulisan algoritma
Gambar 1.4 : Contoh cara penulisan Pseuducode

Untuk artikel “Format Penulisan Algoritma – Cara Penulisan Algoritma | Sama aja “  ini mungkin cukup sampai disini dulu , Sobat dapat bertanya kalau masih bingung .

Sumber : Maskanang . 2014 . Format Penulisan Algoritma. https://ginidonk.wordpress.com/2014/05/13/tipe-tipe-algoritma-berdasarkan-format-penulisan/

0 Response to "Format Penulisan Algoritma - Cara Penulisan Algoritma | Sama Aja "

Post a Comment