Ciri-ciri Algroritma menurut Donald Ervin Knuth | Udah tau belum ?

IosinotesAlgroritma Pemrograman - Ciri-ciri Algoritma menurut Donald E KnuthCiri pasti Algoritma menurut sang ahliKriteria Algoritma . Algoritma , seperti yang saya ulas pada artikel kemarin , bahwasannya Algoritma adalah sebuah urutan langkah-langkah  penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas , tetapi tersusun secara logis dan sistematis .

Baca Juga :

Nah , jelas kan bahwa Algoritma memiliki karakter logis dan sistematis . Algoritma juga memiliki ciri-ciri pasti , maksutnya bila salah satu ciri-ciri pasti tersebut tidak ada , maka diragukan penyusunan algoritmanya . Ciri-ciri pasti dari Algoritma telah ditulis oleh Donal E. Knuth pada buku algoritmanya pada abab XX .

Siapa Donald E. Knuth ? 

Ciri-ciri Algoritma menurut Donald Ervin Knuth
Gambar 1.1 : Donald Ervin Knuth
Donald Ervin Knuth ( lahir 10 Januari 1938 ) adalah seorang ilmuwan komputer , matematikawan , dan professor emeritus di Universitas Stanford Amerika. Beliau juga seorang penulis beberapa buku Algoritma abad XX . Donald Ervin Knuth telah disebut “Bapak analisis Algoritma”, dan salah satu-satu kontribusinya adalah ciri-ciri algoritma yang beliau tulis . Sobat penasaran dengan Ciri-ciri Algoritma yang ditulis Donal Ervin Knuth ? baiklah langsung saja berikut ini,

Ciri-ciri Algoritma menurut Donald E. Knuth 


  1. Algoritma mempunyai awal dan akhir . Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas dengan kata lain algroritma harus memiliki langkah terbatas . 
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiguous)
  3. Memiliki masukan (input) atau kondisi awal
  4. Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir
  5. Algoritma harus efektif , bila diikuti benar-benar akan menyelesaikan masalah .
Ciri-ciri Algoritma menurut Donald Ervin Knuth
Gambar 1.2 : Contoh Algortima
Setelah sobat membaca artikel “Ciri-ciri Algoritma menurut Donal Ervin Knuth” , semoga wawasan dan ilmu pengetahuan sobat bertambah .

Bila sobat mengetahui informasi lain mengenai sang tokoh Donald E. Knuth maupun mengenai ciri-cirinya , sobat dapat menambahkannya di kolom komentar .

Sumber Artikel :  <a href=”https://en.wikipedia.org/wiki/Donald_Knuth”> Donald Knuth </a>

0 Response to "Ciri-ciri Algroritma menurut Donald Ervin Knuth | Udah tau belum ?"

Post a Comment