Mengenal Struktur dasar Algoritma | Pemrograman Dasar

IosinotesStruktur dasar algoritmaStruktur AlgoritmaRuntunan (Sekuensial)Seleksi (Selection)Perulangan (Repetition ). Setelah sebelumnya saya menjelakan mengenai Pengertian Algoritma dan Sifat-sifatnya , artikel kali membahas mengenai Struktur Algoritma . Algoritma , kembali saya ulas , pengertian arlgoritma adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah . Nah itu intinya sobat, sebenarnya banyak pengertian algoritma yang intinya untuk mempermudah menyelesaikan masalah . Bila sobat ingin mengetahui pengertian algoritma lebih banyak , sobat bisa membaca artikel “Apakah pengertian Algoritma ? Belajar Pemrograman Dasar ” , Insyaallah , pada artikel tersebut saya ulas mengenai pengertian algoritma yang saya dapat dari beberapa sumber .

Oke, kembali ke topik pembahasan pada kali ini , Struktur Algoritma . Iya, struktur algoritma adalah dasar-dasar yang membentuk algoritma . Struktur dasar dari Algoritma terdiri dari Runtunan , Pemilihan , dan Percabangan . Untuk lebih jelasnya  , mari saya jelaskan satu-persatu ,

Baca Juga :
6 Sifat Algoritma dapat dikatakan baik ! Karakteristik Algoritma

1. Runtunan / Sekuensial

Struktur Algoritma | Runtunan | Sekuensial
Gambar 1.1 :Ilustrasi Struktur Runtunan 
Runtunan atau istilah lainnya Sekuensial . Pada Struktur Runtunan , langkah-langkah dilakukan dan diproses secara berurutan . Dimulai dari langkah pertama , kemudian kedua , ketiga  , dan seterusnya hingga akhir . Pada dasarnya suatu program memang menjalankan suatu proses dari yang dasar seperti struktur seperti ini .
Berikut contoh program yang dijalankan menggunakan struktur Runtunan (Sekuensial)
Struktur Algortima
Gambar 1.2 : Contoh program menggunakn Struktur Sekuensial


2. Seleksi / Selection

Struktur Algoritma | Selection | Seleksi | Pemilihan
Gambar 1.3 : Ilustrasi Struktur Selection
Struktur Seleksi dalam bahasa inggris (selection) atau Percabangan adalah struktur algoritma yang menyatakan pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan . Ciri utama dari struktur Percabangan adalah adanya bentuk flowchart belah ketupat (decision) .
Contoh dari Struktur Seleksi / Percabangan pada saat pengambilan keputusan diantaranya bila terdapat diskon yang berbeda berdasarkan jumlah barang yang ingin dibeli
Gambar 1.4 : Contoh Struktur Selection


3. Perulangan / Repetition

Struktur Algoritma | Perulangan | Repetition
Gambar 1.5 : Ilustrasi Struktur Repetition
Struktur perulangan memberikan suatu perintah atau tindakan yang dilakukan beberapa kali . Misalnya bila kita menulis “Saya lagi belajar Algoritma Pemrograman” , diproses 10 kali , maka agar efisien kita menggunakan struktur perulangan daripada menuliskannya satu-persatu hingga sepuluh kali.

Mungkin cukup sampai disini untuk artikel Mengenal Struktur Dasar Algoritma | Pemrograman Dasar , semoga menambah ilmu pengetahuan sobat . Bila ada yang ditanyakan sobat dapat menanyakannya di kolom komentar .

Sumber Artikel :
Superdiaz . 2013 . Struktur Algoritma . https://jendelaintuisi.wordpress.com/2013/09/12/struktur-dasar-algoritma/

0 Response to "Mengenal Struktur dasar Algoritma | Pemrograman Dasar"

Post a Comment